oleh

Apa Yang Terjadi Jika Anda Tetap Menahan Buang Air Kecil?

-Health, News-224 views

MEDAN – Anda sering merasa sesak di saat perjalanan, atau enggan buang air di toilet umum untuk buang air kecil, maka anda berpikir tidak ada hal yang bisa anda lakukan selain menahannya. Lalu sampai berapa lama anda bisa menahanya dan apa efek buruk yang akan terjadi pada sistem pencernaan anda. Apakah hal tersebut dapat menimbulkan hal yang serius?

Buang air memang salah satu keharusan yang di lakukan oleh seluruh makhluk hidup. Karena ketika makhluk mengkonsumsi makanan dan lewat sistem pencernaan, makanan tersebut akan di ubah menjadi zat-zat yang di butuhkan tubuh.

 

 

Apa Yang Terjadi Jika Anda Tetap Menahan Buang Air Kecil
Ilustrasi menahan buang air

Selain itu terdapat juga zat-zat sisa yang tidak di butuhkan, zat tersebut akan dibuang melalui usus dan anus. Akan tetapi, ada di saat situasi anda menahan zat tersebut untuk di buang. Hal ini sama seperti anda menumpuk banyak sampah di kamar anda.

Baca juga:  Untuk Menindak Lanjuti Instruksi Kapolri, Polsek Medan Area Amankan 10 Orang Preman Pelaku Pungli

Dampak Menahan Buang Air Kecil

Lalu bagaimana dengan menahan buang air kecil, sebenarnya sama saja, ada sebuah fakta tentang apa yang membuat anda lebih cepat merasa sesak buang air.

Jika jawaban anda kebanyakan meminum air maka kurang tepat, hal yang mempercepat anda merasa sesak buang air adalah kandungan diuretic yang ada pada minuman anda. Contohnya cola, coffe, dan minuman manis lainnya.

Baca juga: 7 Barang Bermanfaat Yang Ada Di Toko Online, MURAH!

Saat anda menahan buang air, biasanya anda suka menyilangkan kaki atau ada juga yang jalan – jalan untuk menahan rasa sakit. Hal ini di bilang efektif karena bagian selangkaan anda menyumbat saluran kandung kemih ke uretra.

Baca juga:  17 Imbauan yang Baik Bagi Kesehatan Anda

Jika anda tetap menahanya maka akan terjadi kekendoran di otot kandungan kemih.

Kandung kemih bisa menampung urine selagi volume di dalamnya tidak bertambah, Tetapi pada akhirnya, jika di tahan dalam waktu yang lama.

Urine yang di tampung dapat keluar tanpa di sadari karena manusia bisa menghasilkan 2 cangkir urine dalam waktu 9-10 jam. Waktu tersebut adalah batasan anda.

Selain itu, dampak buruk lainnya juga tetap berlanjut seperti infeksi di bagian saluran pembuangan, gejalanya juga sangat tidak menyenangkan. Anda akan merasa kesakitan di bagian anus ketika membuang air kecil.

Baca juga:  Kapolres Rokan Hilir Menghadiri Giat Uji Coba SR SPAM Regional Durolis

Jika anda tetap membiarkannya maka anda tidak dapat buang air lagi dan bisa menyebabkan cacat fisik, yaitu di mana penyakit tersebut tidak dapat di sembuhkan kembali.

Lalu ketika anda ingin buang air maka harus di tangankan oleh pihak medis dengan memasukan selang kedalam kandung kemih lalu memindahkanya ke wadah plastik. Hal ini cukup menyakitkan.

Baca juga: 8 Manfaat Mangga Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Solusi

Untuk menghindari kejadian buruk seperti itu maka anda di sarankan untuk mengurangi minuman yang diuretic yaitu kandungan mempercepat pembentukan urine. Atau ketika anda melakukan aktivitas yang penuh maka di sarankan untuk pergi ke toilet terlebih dahulu demi menghindari sesak buang air.

(Goo/J. Aldeza)

Komentar

News Feed