oleh

Bupati Rohil Jumpa Investor Jepang, 2023 Akan Bangun Internasional Fish Market di Bagansiapiapi

Rohil, Goosela.com – Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong melakukan pertemuan dengan investor asal Jepang, Senin (8/8/2022) di mess Pemda Rohil. Kedatangan investor tersebut untuk memastikan pembangunan international fish market (IFM) di areal pelabuhan Bagansiapiapi tahun depan 2023 yang akan datang.

Investor Jepang itu didampingi Kadiskanlut Propinsi Riau, Herman Mahmud dan Kadiskan Rohil, Muhammad Amin SPi serta perwakilan dari kementerian kelautan dan perikanan. Seluruh kepala dinas dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rohil juga hadir dalam pertemuan itu.

Afrizal Sintong mengatakan, dari hasil pertemuan itu adalah untuk menindaklanjuti lanjuti hasil survey konsultan perencana yang sudah turun bulan lalu. Sehingga hari ini pemodalnya yang turun langsung untuk memastikan hasil survey apakah benar layak atau tidak untuk dibangun IFM di Bagansiapiapi.

Hosting Unlimited Indonesia

“InshaAllah tadi katanya layak di bangun dan kemungkinan dibangun tahun 2023 yang bekerjasama dengan kementerian kelautan. Selesai kunjungan ini, baru mereka bahas lagi nanti di Tokyo, Saya sangat berharap ini bisa jadi dibangun tahun depan,” harap Bupati

Dengan adanya IFM ini lanjut Afrizal, hasil tangkapan nelayan masyarakat baik yang dari Sinaboi, Panipahan dan Bagansiapiapi akan ditampung di pasar khusus dan bisa dikirim keluar daerah. Sehingga dengan demikian ekonomi masyarakat diyakini akan tumbuh meningkat.

Baca juga:  Bupati Rohil Menyerahkan 1 Unit Ambulance untuk Puskesmas Sedinginan

“Ini sistim kerjasama antara pihak jepang dengan Indonesia,” jelas Afrizal.

Baca juga:  Dalam Rangka Penyusunan Dokumen Renja 2023, Bupati Rohil Membuka Musrenbang RKPD Tahun 2022

Di samping itu lanjut Bupati, Pemkab Rohil juga telah menyiapkan anggaran dalam APBD Perubahan untuk melakukan ganti rugi lahan seluas 10 hektar untuk pembangunan IFM. Bupati meminta agar masyarakat yang lahannya terkena ganti rugi untuk dapat melepaskannya supaya diganti rugi.

(G/Budi)

Komentar