Warga Masyarakat Diminta agar Tingkatkan Imun Tubuh dan Kebersihan Lingkungan

Medan, Goosela.com – Musim penghujan yang turun akhir-akhir ini membuat beberapa aktivitas sehari-hari dapat terganggu. Terlebih aktivitas diluar gedung. Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk meningkatkan imun tubuh dan menjaga kebersihan lingkungan terutama sampah. Tujuannya agar saluran drainase dan parit serta aliran sungai tidak tersumbat sehingga air dapat mengalir lancar.

Demikian diutarakan oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Daniel Pinem (foto) kepada media, Jumat (11/11/2022).

Dikatakan politisi senior dari partai PDI Perjuangan kota Medan ini lagi, Pemko Medan melalui dinas PU Kota Medan saat ini terus gencar melakukan perbaikan infrastruktur termasuk perbaikan parit (drainase) untuk di teruskan ke bibir sungai yang ada di kota Medan tujuannya agar ketika turun hujan kota Medan terhindar dari banjir.

Diterangkan Daniel Pinem lagi, masalah banjir merupakan masalah bersama dan dapat diselesaikan secara bersama dengan meningkatkan kesadaran untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan masing-masing yang salah satunya adalah tidak membuang sampah sembarangan.

Baca juga:  Danrem 061/Sk, Koramil Model Harus Fokus Tugas Pokok Pembinaan Teritorial kepada Warga Masyarakat

Dan pada saat ini, salah satu prioritas Pemerintah Kota Medan dalam mencegah banjir ialah melakukan pengorekan ataupun pelebaran parit-parit di lokasi yang diketahui rawan banjir di daerah Kota Medan.

“Termasuk juga pengorekan dan pelebaran beberapa sungai, seperti sungai Bendera yang sedang tahap pengerjaan. Nantinya, ketika hujan turun sungai sungai tersebut mampu menampung volume air dan daerah yang dulunya rawan banjir tidak akan kebanjiran lagi,” katanya.

Dalam hal penanganan kebersihan, Politisi dari Partai PDI Perjuangan Kota Medan ini menambahkan lagi, Wali kota Medan, Bobby Nasution diketahui telah mencanangkan program kawasan bersih melalui Surat Keputusan (SK) Wali Kota Medan No.658.5/31.K/VIII/2021 tentang Lokasi Percontohan Kawasan Bebas Sampah di Kota Medan Tahun 2021. Berdasarkan SK tersebut terdapat enam titik yang menjadi kawasan percontohan kawasan bebas sampah. Meskipun diketahui kota Medan masih memiliki keterbatasan mengenai Tempat Pembuangan Sampah Akhir.

Baca juga:  Rabu, TMMD 112 Kodim 0206/Dairi Dibuka, Personel Sibuk Persiapkan Acara

“Sehingga diharapkan dukungan dan peran serta seluruh lapisan masyarakat kota Medan, mari terus kita galak kan bersih sampah di setiap lingkungan kita masing-masing sehingga kota Medan dapat terbebas dari masalah sampah dan banjir,” tulis Daniel Pinem yang merupakan anggota DPRD Medan dari Dapil 5 Kota Medan ini.

(G/ES)

Komentar