Sewindu Karya Nyata Bupati Taput Drs. Nikson Nababan, M.Si. Menuju Kota Kuat dengan Memajukan Desa dan Elektabilitas Smart City Wisata

Taput, Goosela.com

KABUPATEN  TAPANULI UTARA

Kabupaten Tapanuli Utara adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia yang ibukotanya berada di Tarutung, jumlah penduduk Kabupaten Tapanuli Utara di tahun 2021 sebanyak 320.542 jiwa, dengan kepadatan penduduk 85 jiwa/km² dan kabupaten Taput merupakan kawasan yang mayoritas penduduknya adalah etnis atau suku Batak Toba.

Alamat: Jl. Letjen Suprapto No.1, Tarutung Tapanuli Utara, Sumatera Utara, 22411
No Telp: +62 633 21220 Surel diskominfo@taputkab.go.id

-Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.
-Sekretariat Daerah

OPD PEMERITAH KAB. TAPANULI UTARA
– Dinas Pendidikan
– Dinas Kesehatan
– Rsu Daerah Tarutung
– Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
– Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman
– Satuan Polisi Pamong Praja
– Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat
– Dinas Sosial
– Dinas Ketenagakerjaan
– Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan
– Dinas Lingkungan Hidup
– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
– Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
– Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
– Dinas Perhubungan
– Dinas Komunikasi dan Informatika
– Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah
– Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu
– Dinas Pemuda dan Olah Raga
– Dinas Perpustakaan
– Dinas Pariwisata
– Dinas Pertanian
– Dinas Perindustrian dan Perdagangan
– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
– Badan Penanggulangan Bencana Daerah
– Inspektorat
– Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
– Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah
– Badan Kepegawaian Daerah
– Sekretariat DPRD
– Badan Pendapatan Daerah

DAFTAR KECAMATAN
– Kecamatan Tarutung
– Kecamatan Siatas Barita
– Kecamatan Adiankoting
– Kecamatan Sipoholon
– Kecamatan Pahae Julu
– Kecamatan Pahae Jae
– Kecamatan Purbatua
– Kecamatan Simangumban
– Kecamatan Sipahutar
– Kecamatan Pangaribuan
– Kecamatan Garoga
– Kecamatan Siborongborong
– Kecamatan Pagaran
– Kecamatan Parmonangan
– Kecamatan Muara

Desa : 241
Kelurahan : 11

Drs. Nikson Nababan, M.Si. terlahir 5 Oktober 1972, di pilih oleh masyarakat Tapanuli Utara sebagai Bupati sejak tahun 2014 hingga sekarang.

Drs Nikson Nababan menjadi Bupati Tapanuli Utara sejak Tahun  2014-2019 di periode  I dan 2019 -2024 periode ke II, sudah bertugas 8 tahun lamanya masih agresif sesuai panggilan jiwanya.

Selain agresif juga bijak dalam mengambil keputusan sesuai Visi Misi selalu fleksibel dan lebih menghargai kinerja demi masa depan Taput terus bersinergis dengan Operasi Perangkat Daerah (OPD) dan Legislatif demikian juga terhadap rakyatnya yang butuh perhatian setius.

Dalam kesehariannya, Nikson Nababan selalu khusus buat keluarga,baik dalam dan luar dinasnya dalam membangun Taput selalu bekerja dengan interpretasi yang tinggi.

Bupati Taput Nikson Nababan yang dikenal ramah dan peduli rakyatnya selalu mengucap syukur atas pemberian Tuhan atas anugrah Tapanuli Utara yang memiliki ikatan Agama dan Adat Dalihan Natolu yang kuat dan kokoh.

Bupati Tapanuli Utara memiliki Visi sebagai Lumbung Pangan dan Lumbung Sumber Daya Manusia yang berkualitas serta Daerah Tujuan Wisata.

Adapun Misi yang memiliki cita rasa dalam membangun  Tapanuli Utara, Drs. Nikson Nababan, M.Si. terus secara global
1. Meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan Petani melalui perlindungan petani dan lahan pertanian kelanjutan.
2. Pengembangan komoditi dan produk unggulan daerah berbabasis  pertanian dan sumber daya lokal.
3. Meningkatkan kualitas Pendidikan dan Kesehatan.
3. Meningkatkan kualitas daya saing Sumber Daya Manusia melalui pelatihan tenaga kerja, pemanfaatan iptek dan pengembangan jiwa kewirausahaan.
4. Meningkatkan jiwa kewirausahaan.
5. Meningkatkan destinasi wisata melalui pengembangan wawasan wisata alam dan budaya, rohani dan agrowisata.
6. Meningkatkan kualitas insfrastruktur yang terintergrasi dengan mengacu pada penataan ruang wilayah, perlindungan SDM pada pelestarian hidup,
7. Meningkatkan kapasitas desa menuju desa mandiri.
8. Meningkatkan kulitas pelayanan publik dengan sistem e-goverment.

Fokus pada Kesehatan Masyarakat, Bupati Tapanuli Utara Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022

Berkat kesigapannya dalam melayani kesehatan masyarakat, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Indra Simaremare meraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 untuk kategori Kesehatan melalui inovasi Pelayanan Kesehatan Prima. Penghargaan ini diberikan oleh MNC Portal Indonesia bersama dengan Koran SINDO dan diselenggarakan di Sam Poo Kong, Semarang, pada Kamis (22/9/2022) malam.

Sejak awal pandemi, Kabupaten Tapanuli Utara memang fokus dalam kebutuhan kesehatan masyarakat dan hal ini tersebut terbukti dengan dibangunnya empat gedung baru khusus penanganan Covid-19 di kompleks RSU Daerah Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara.

Adapun empat gedung yang diresmikan, yakni Gedung Perumahan Dokter Dr. (H.C) Ir. H. Soekarno, Gedung Instalasi Gizi, Nikson-Sharlandy, Gedung Paru Fatmawati, Gedung Pemulasaran Jenazah bersumber dari dana refocusing APBD Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Anggaran 2021.

Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan bersama Wakil Bupati Taput Sarlandy Hutabarat menyampaikan visi misi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2019-2024 dihadapan pimpinan dan anggota DPRD setempat pada rapat paripurna di Gedung DPRD Taput di Tarutung,

Dalam berbicara yang dituturkan Bupati Nikson Nababan langsung, bahwa kunjungan Pemerintah Kabupaten Taput untuk Tahun 2019-2024 masih melanjutkan kunjungan periode lalu, yakni Tapanuli Utara sebagai lumbung Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan serta daerah tujuan wisata.

Untuk mencapai visi tersebut, juga menetapkan delapa misi, diantaranya meningkatkan ketahanan pangan, meningkatkan kesejahteraan petani melalui perlindungan petani dan lahan pertanian berkelanjutan, pengembangan komoditas dan produk unggulan daerah berbasis pertanian dan sumber daya lokal.

Peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, meningkatkan kualitas dan daya saing melalui pelatihan tenaga kerja, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengembangan jiwa kewurausahaan, meningkatkan tujuan wisata melalui pengembangan kawasan wisata alam dan budaya, rohani dan agrowisata.

Selanjutnya, tingkatkan kualitas infrastruktur yang terintegrasi dengan mengacu pada penataan ruang / wilayah perlindungab sumber daya alam dan pelestarian lingkungan hidup.

Kemudian, meningkatkan kapasitas desa menuju desa mandiri. terakhir meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan sistem E-Government.

Selanjutnya, Bupati Nikson juga menyampaikan delapan Program Prioritas untuk mewujudkan Visi-Misi yang akan menjadi pedoman dalam penyusunan Program Pembangunan Lima Tahun mendatang melalui dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Delapan Program Prioritas tersebut, program peningkatan produksi dan perlindungan petani, peningkatan pelayanan puskesmas menjadi puskesmas rawat Inap, peningkatan pemberdayaan balai latihan kerja (BLK), pengembangan desa wisata, penyusunan kalender tahunan acara olahraga dan wisata, pembangunan dan peningkatan konektifitas antar wilayah, penataan ruang/wilayah khususnya infrastruktur, pembentukan dan penguatan fungsi BUMDes menuju desa mandiri serta peningkatan kualitas apatur desa, penyusunan dan pengembangan E-Goverment dalam mewujudkan Smart City.

Pada akhir bicaranya, Bupati Nikson Nababan memohon kerjasama dari semua pihak sehingga Visi-Misi tersebut dapat terwujud.

“Kami mohon kerjasama dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para anggota DPRD, para aparatur sipil negara, instansi vertikal dan masyarakat serta seluruh pemangku kepentingan untuk mewujudkan visi dan misi Kabupaten tersebut, “tutur  Bupati merencanakannya.

Tidak luput, ia menuturkan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan masyarakat untuk melanjutkan pembangunan Tapanuli Utara lima tahun.

“Kita harus menghilangkan pengkotak-kotakan pasca Pilkada lalu, mari bersatu untuk membangun daerah kita ini,” tutur Nikson.

Dalam rapat paripurna, hadir pada kesempatan tersebut, pimpinan daerah Taput, pimpinan dan anggota DPRD, para pejabat Pemkab Taput.

Bandara Internasional Sisingamangaraja Silangit

Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan menyempatkan membahas sejumlah usulan pembangunan di daerahnya saat menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo di Bandar Udara Internasional Silangit, Rabu 2/2/2022 lalu,  Presiden Jokowi dan sejumlah Menteri serta rombongan dalam rangka kunjungan kerja di Provinsi Sumatera Utara mendarat di Silangit dengan pesawat kepresidenan.

“Pada kesempatan menyambut Bapak Presiden Jokowi, saya sampaikan tentang usulan dan proposal pendirian dan pentingnya Universitas Negeri Tapanuli Raya di Tapanuli Utara memacu kualitas SDM yang berkualitas dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi makro dan mikro masyarakat Tapanuli Raya secara khusus Tapanuli Utara,” tutur Bupati Nikson.
“Beliau sangat menyambut baik, dan mendukung dan akan menindaklanjutinya” ungkapnya menjelaskan pembicaraan Nikson dengan orang nomor satu di Republik Indonesia itu.

Selain itu, Bupati Nikson juga menyampaikan kepada Presiden Jokowi pentingnya pembukaan jalan strategis nasional yang menghubungkan Tapanuli ke pelabuhan Sei Mangke Labuhan Batu lewat Kecamatan Garoga, Tapanuli Utara, uuntuk mempercepat akses transportasi perekonomian masyarakat Tapanuli Raya, agar arus keluar masuk ke Tapanuli barang tidak harus melalui pelabuhan Belawan.

“Terbangunnya akses tersebut akan memotong waktu kurang lebih 5 jam dibandingkan ke pelabuhan Belawan Medan, bidang-bidang lain juga saya sampaikan, tetapi yang menjadi prioritas dulu yang akan beliau atensi,mari kita dukung dan doakan bersama, “imbuhnya.

Untuk diketahui, Pesawat Kepresidenan RI yang menerbangkan Presiden Joko Widodo dan rombongan dari Jakarta mendarat di Bandar Udara Internasional Silangit Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, sekitar pukul 09.05 WIB. Selanjutnya, Presiden melakukan perjalanan darat menuju Kabupaten Toba. Presiden Jokowi direncanakan berada di Sumut 2- hari  dengan sejumlah agenda dalam kunjungan kerjanya.

 

Universitas Tapanuli Raya / Untara

Kemudian Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan M.Si melaksanakan audensi kepada Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia (Watimpres) yang diterima oleh Sidarto Danusubroto dan Putri Kuswisnu Wardani untuk membahas Perihal Transformasi Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung menjadi Universitas Negeri Tapanuli Raya (UNTARA), bertempat di Kantor Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (9/6/2021).

Pada kesempatan itu, Bupati Taput memaparkan gambaran umum visi dan misi pembangunan dan upaya mewujudkan Taput sebagai lumbung SDM yang berkualitas serta percepatan pembangunan.

Untuk itu, kami berharap pemerintah pusat dapat menyetujui yang kami sampaikan dan semoga dapat terwujud karena kami menilai Universitas Negeri Umum di Tapanuli Utara menjadi solusi terbaik dalam percepatan pembangunan yang dimaksud. Kehadiran Universitas Negeri Umum di kawasan Tapanuli Raya akan memberikan dampak yang sangat signifikan termasuk bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat,” jelas Bupati Taput.

Paparan Bupati Taput, Watimpres mengatakan akan segera menyusun nasihat dan pertimbangan (nastim) dalam beberapa hari ke depan. “Selanjutnya nastim tersebut akan dibawakan dalam pleno Dewan Pertimbangan Presiden yang akan diselenggarakan Minggu depan,” ucap Sidarto Danusubroto belajar.

Rombongan Bupati Taput diantaranya Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Tapanuli Utara Ir. Poltak Pakpahan, Ketua Komisi A DPRD Ombun Simanjuntak Didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Drs. Indra Simaremare M.Si dan beberapa pimpinan OPD juga menyampaikan Proposal- Proposal Pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara.

Tangguh di masa Pandemi Covid-19

Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan mengapresiasi petani di daerahnya yang turut membantu pemerintahannya dalam mempertahankan ketahanan pangan di tengah situasi nasional yang dilanda pandemic Covid-19. Motivasi dan semangat baru diberikan kepada petani saat Nikson Nababan turun langsung memanen kentan di  lahan kelompok Tani Desa Silando Kecamatan Muara, Kamis 2 Juli 2020.

Bersama anggota DPRD Taput Martohap Aritonang didampingi Kepala Dinas Pertanian S.E.Y Pasaribu serta Camat Muara Risma Rejeki Nababan, bupati mengakui soal banyaknya tantangan di masa Covid-19. Untuk itu ia berharap banyak kepada para masyarakat petani untuk terus mengoptimalkan lahan pertanianya demi ketahanan pangan di Tapanuli Utara.

Saran yang sangat penting dari bupati adalah agar para petani tetap menjaga pola tanam serentak dan fokus menanam satu jenis tanaman sehingga lebih konsentrasi  untuk memikirkan produksi yang lebih maksimal. “Silahkan buat kesepakatan jenis komoditi apa ditanam seperti bawang, kentang ataupun wortel, Pemerintah siap memberikan bantuan untuk memajukan pertanian dan sekaligus ketahanan pangan kita,” ucapnya mengakhiri.

Senada disebutkan Martohap Aritonang selaku nggota DPRD dari Dapil III. Dirinya bersama masyarakat Desa Silando bertekat untuk mengembangkan pertanian dengan menggunakan potensi lahan yang bagus salah satunya dengan bertanam kentang serta mengajak para petani untuk lebih semangat.

Sementara mewakili petani, Balduin Oppusunggu menyampaikan rasa terimakasih kepada Bupati Taput atas perhatiannya yang luar biasa di sektor pertanian ini. “Kami telah banyak menikmati berbagai pembangunan terutama terkait pengembangan pertanian di Desa Silando ini,” tutur Balduin.

Pendidikan Era Modern

Bupati Taput Buka Agenda Pelatihan Berhitung Metode Gasing

Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan MSi membuka pelatihan berhitung metode gampang asyik menyenangkan (Gasing) di SMP Negeri 1 Tarutung, Senin (26/9/2022). Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan abad 21 serta menjadikan mata pelajaran Matematika tidak menjadi momok.

Bupati Nikson dalam kesempatan itu menyatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari visi misi lumbung Sumber Daya Manusia berkualitas. Karena dulu pelajaran Matematika menjadi momok bagi pelajar, apalagi melihat gurunya saja sudah takut.

“Saya dikirimi video metode Gasing oleh Profesor Surya, saya lihat metodenya cukup menyenangkan dan pastinya akan mudah ditangkap pelajar SD,” kata Bupati yang hadir didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Bontor Hutasoit.

Dalam pelatihan nantinya Nikson berharap anak didik dicek kesehatannya sehingga bisa lebih optimal dalam menyerap pelajaran. “Perhatikan betul kesehatan guru dan siswa,” pesannya. Bupati Taput Nikson Nababan juga mengharapkan segenap unsur pendidikan mendukung keberadaan sebuah Universitas Negeri Umum di Taput. “Ini juga bagian dari upaya kita peningkatan Sumber daya manusia yang akan berafiliasi kepada peningkatan perekonomian. Terima kasih atas dukungan CSR SOL sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik,” pungkasnya.

Pimpinan Yayasan Yohannes Surya,  Nancy Susiana, dalam kesempatan itu mengatakan agenda ini bagian membangun pendidikan di Taput, dengan tujuan agar siswa memiliki ketrampilan abad 21, berpikir kritis, kreatif dan berdaya saing.

“Metode Gasing terbukti dapat menghantarkan pelajar meraih berprestasi tingkat internasional serta memotivasi anak didik berpikir tingkat tinggi,” ungkapnya.
Selain itu, metode ini juga untuk mengubah paradigma pelajar yang lazimnya takut belajar Matematika.

“Metode  Gasing akan sangat menyenangkan bagi guru dan siswa, mereka akan nantinya menularkan apa yang akan dipelajari selama pelatihan. Terima kasih atas dukungan Pak Bupati sehingga pelatihan ini bisa terlaksana,” pungkasnya.

Bupati Taput Pimpin Musrembang RPJMD 2019-2024

Kinerja Bupati Tapanuli Utara Drs. N ikson Nababan, M.Si sebagai Leading Rapat Musyarawarah Rencana Pembangunan (RPJMD) Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2019-2024 Didampingi Wakil Ketua DPRD Fatima Hutabarat dan Pj. Sekda Parsaoran Hutagalung, bertempat di Gedung Kesenian Sopo Partungkoan, Tarutung Rabu, 25/09/2022 lalu, “Saya meminta kita semua fokus pada Visi dan Misi, harus lebih teliti dan masing-masing OPD harus ada kontrol. Kebijakan yang diputuskan harus melalui kajian tersebut lebih maksimal dan dapat dijawab.

Semua harus saling memberikan masukan dan sinergitas sehingga akan menjadikan suatu tim yang kuat tanpa ada yang merasa super,” ucap Bupati memulai arahnya.

Dalam arahnya, Bupati kembali agar setiap OPD harus memiliki 1 program unggulan yang mengacu pada Visi dan khusus bagi OPD yang terkait dengan pertanian, perkebunan dan peternakan harus memiliki 3 program unggulan sehingga 5 tahun kedepan Tapanuli Utara akan dikenal sebagai daerah lumbung pangan. Ditekankan juga agar Perusda Pertanian dan Perusda Pertambangan lebih aktif dalam memajukan dengan konsep yang mudah, simpel, bagus dan terarah.

Baca juga:  Babinsa Koramil Tipe B 0808/07 Ponggok Menggelar Komsos

Kita juga tetap fokus pada pembangunan infrastruktur jalan sebagai konektifitas antar kecamatan, ke pemukiman warga dan juga lokasi sentra pertanian. Ketentuan dan peraturan yang mengatur tata ruang wilayah harus segera dibenahi dan dituntaskan. Terkait kondisi sekolah yang kekurangan guru dapat diselesaikan dengan 2 langkah. Segera melakukan pemetaan tenaga pengajar terutama pada SD sehingga dapat diusulkan penambahan guru PNS, pemerataan guru kedua dengan melakukan mutasi tanpa menimbulkan perasaan dizolimi,” tutur Bupati.

Bupati juga menambahkan beberapa masalah yang perlu segera diselesaikan, seperti penyelesaian lahan RSUD Tarutung dan Bandara Silangit, penataan pasar lama SBB menjadi wisata kuliner, pendirian BUMDes dengan pengurusan yang berkompeten melalui pelatihan SDM, pengawasan penggunaan Dana Desa agar para Camat harus mendata usaha yang ada di daerah masing-masing.

“Terkait usulan pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya, mari satukan pandangan bahwa salah satu tolak ukur kemajuan suatu daerah dapat dilihat dengan banyaknya uang yang beredar. Kita harus mendukung hal ini demi masa depan anak cucu kita, harus ada yang mengalah untuk kemajuan bersama. Kelak kita akan merasakan multi efek yang luar biasa pada sektor pariwisata, peningkatan kualitas sumberdaya manusia termasuk melalui transfer pengetahuan,” akhir sambutan Bupati.

Musrembang RPJMD dilanjutkan dengan pemaparan serta diskusi tanya-jawab. Paparan disampaikan oleh Sekretaris Bappeda Sumatera Utara Ardan Noor, Kepala BPS Taput Ester Sitorus dan Kepala Bapeda Taput Indra Simare-mare.

Usai paparan dan diskusi, Arah penutupan dari Bupati berharap agar beberapa usulan Kabupaten Tapanuli Utara perhatian seperti pembagian Keuangan Provinsi Sumatera Utara dan penyediaan lahan bantuan untuk lokasi perkantoran yang baru. “Kami berharap agar dalam RPJMD Provsu agar memperhatikan pembangunan infrastruktur jalan terutama jalan provinsi yang rusak termasuk pembukaan jalan serta insentif bagi guru-guru SMA-SMK di Desa terpencil dan sangat terpencil. Kiranya Pemerintah Provinsi turut mendukung pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya demi kemajuan masyarakat,” ucap Bupati seraya menutup Musrembang RPJMD.

Dalam laporan Kepala Bappeda Indra Simare-mare mengatakan bahwa rapat ini sebagai tahapan dalam penyempurnaan RPJMD. Musrembang dihadiri 4 Kepala Daerah Tetangga (Tobasa, Humbanghas, Samosir, Tapteng), Forkopimda/ mewakili, Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan OPD, Camat, Instansi Vertikal, Perbankan, BUMN-BUMD, PWI, Tokoh Agama/Masyarakat/Pemuda.
“Tujuan utama Musrembang ini adalah penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap arah kebijakan pembangunan daerah,” imbuh Indra Simare-mare.

Bupati Taput Rakor Bersama Menko Maritim Bahas Pariwisata Danau Toba Bandara Silangit dan Bandara Sibisa

Sebelumnya, Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan, M Si Rapat Koordinasi bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Binsar Panjaitan membahas tentang Kemajuan Pengembangan Infrastruktur Pendukung Destinasi Pariwisata Danau Toba Bandara Silangit dan Bandara Sibisa, di Ruang Rapat Bandara Internasional Silangit, Jumat (13/7/2018).

Rapat Koordinasi (Rakor) ini membahas tentang pembangunan infrastruktur pendukung pengembangan destinasi wisata Danau Toba yang meliputi penyelesaian pembangunan jalan lingkar Samosir, jalan lingkar luar 360 km. Pembangunan Jalan tol Tebing Tinggi-Siantar untuk tahap pertama dan tahap berikutnya pembangunan jalan Tol Siantar-Parapat.

Bupati Taput Drs. Nikson Nababan Paparkan RDTR Kawasan Perkotaan Tarutung, Sipoholon dan Siatas Barita

Bupati Taput Drs. Nikson Nababan, M.Si yang didamping Sekda Taput Drs. Indra Simaremare menghadiri Rapat Kordinasi Lintas Sektor RDTR yang diadakan oleh Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional yang dilaksanakan pada Tanggal 28 Februari 2020 bertempat di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel.

“Sejak awal kepemimpinan saya telah mencanangkan visi misi Taput lumbung pangan, lumbung SDM berkualitas dan daerah tujuan wisata,” kata Bupati di hadapan Dirjen Tata Ruang Abdul Kamarzuki.

Menurut Bupati, agar tidak menyalahi konsep pembangunan dan pembenahan disiapkan RDTR.

“Kita siapkan Tarutung, Sipoholon dan Siatas Barita kawasan pendidikan dan ecowisata terpadu, terima kasih kepada Kementerian ATR/BPN yang telah memfasilitasi penyusunan RDTR bagi tiga Kecamatan tersebut,” katanya yang juga hadir Supriadi dari Kementerian PUPR.

Selain itu untuk menopang kemandirian daerah, Nikson mengungkapkan perlunya penajaman visi misi.

Daerah bisa berkembang ada empat sektor yakni wisata, kesehatan, investasi dan pendidikan, kita ambil bagian pendidikan saja, makanya Tapanuli Raya itu butuh Universitas Negeri,” jelas Bupati.

Bupati Taput Ekspos Persiapan Taput Menuju Smart City Di Hadapan Assessment Kementerian Kominfo Melalui Zoom Meeting Artikel ini telah tayang dengan judul Bupati Taput Ekspos Persiapan Taput Menuju Smart City Di Hadapan Assessment Kementerian Kominfo Melalui Zoom Meeting,

Lanjutnya, upaya pendiran Universitas Negeri sudah sangat terlambat karena seharusnya sudah sejak dulu.
“Tapanuli Raya miskin karena ekspor uang dan orang keluar, makanya RDTR yang kita ajukan sinkron mendukung bila Universitas Negeri realisasi,” tambahnya.

Untuk itu, RDTR harus disiapkan visioner 10 tahun ke depan. “Kita ingin sematkan Taput Kota Pendidikan Pariwisata yang tangguh, oleh karena itu hanya satu yang bisa mempercepat yakni Universitas Tapanuli Raya,” pungkasnya.

Desa Maju, Kota Kuat

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengatakan akan tetap berupaya memulihkan ekonomi masyarakat lemah akibat hantaman pandemi Covid-19.

Hal itu dituturkan Bupati saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Sisordak, Kecamatan Parmonangan, Sabtu (5/12/2020).

Prinsip membangun dari pinggiran tetap dilakukan Bupati Taput sejak awal memimpin Taput 2015,bahkan ditengah merosotnya ekonomi, Pemkab Taput memutuskan meminjam dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk membangun infrastruktur maupun fasilitas pendukung.

“Tahun ke tahun tetap kita benahi infrastruktur di Taput. Untuk saat ini, keberadaan dana PEN sangat membantu kelanjutan pembangunan infrastruktur di Tapanuli Utara,” tutur Bupati Nikson.
Nikson mengungkapkan, pihaknya sampai jungkir balik mendapatkan dana PEN karena tidak semua daerah bisa mendapatkan.

“Taput menjadi satu satu yang mendapatkan di Sumatera Utara. Kita dukung dan manfaatkan secara maksimal,” ujarnya.

Terkait Kecamatan yang dikunjungi yakni Parmonangan, Nikson menyatakan ada peningkatan infrastruktur.
“Saya lihat sudah sangat bagus, jalan sudah hotmix, tahun depan yang masih kurang akan kita benahi. Masih banyak yang harus saya kerjakan di Taput. Masih perlu pelebaran jalan, rice Milling, memajukan dan memperkuat UMKM,” pungkasnya. Saat melakukan kunjungan ke Desa Sisordak, Bupati Nikson Nababan didampingi Sekda Indra Simaremare dan sejumlah OPD.

Pembangunan Bidang Jalan dan Jembatan sewindu masa pemerintahan Bupati Tapanuli Utara, Drs. Nikson Nababan, M.Si ( 2014 s/d 2022)

Pembangunan di bidang infrastruktur jalan dan jembatan merupakan salah satu prioritas utama di masa Pemerintahan Bupati Tapanuli Utara, bapak Drs. Nikson Nababan M.Si sejak tahun 2014 sebagaimana tertuang dalam Misi ke VI, yaitu peningkatan kualitas infrastruktur yang terintegrasi dengan mengacu pada penataan ruang/wilayah, perlindungan sumber daya alam dan pelestarian lingkungan hidup. Pembangunan infrastruktur yang berkualitas dicapai dengan cara:

Peningkatan jalan lapen menjadi hotmix
Pemakaian batu stone crusher (batu hasil pecah mesin) untuk material lapen
Pelebaran jalan menggunakan excavator
Peningkatan jalan kondisi tanah dengan perkerasan telford atau cor beton

Pembangunan jalan interkoneksi menuju kawasan yang belum terakses roda 4 seperti Jalan Pantis – Soporaru – Sigotom, Jalan Simangumban – Muara Tolang, Jalan Onan Sabtu – Sibudil, Jalan Menuju Pasir Nauli, Jalan Menuju Sibargot, Jalan Parinsoran – Pangorian, Jalan Menuju Hutatua, Jalan Parmonangan – Hajoran, dan lain sebagainya.

Tujuan infrastruktur jalan ini adalah untuk memperlancar arus lalu lintas, transportasi orang dan barang, kemudahan akses menuju kawasan kesejahteraan, membangun akses dari daerah pinggiran (desa) menuju kota untuk mempercepat peningkatan masyarakat (desa kuat maka kota akan maju), dan infrastruktur jalan sebagai alat tanpa masyarakat.

Sejak tahun 2014 s/d 2021 telah dicapai pembangunan dalam bidang infrastruktur jalan sebagai berikut : Hotmix 324.53 km, Lapen 339,33 km, Telford 70,59 km, Coor/Rabat Beton 18.972 km.

Sedangkan pada TA 2022 ini diprogramkan bidang pembangunan jalan sebagai berikut:
Jenis Penanganan
Panjang (meter)
1. Campuran panas 40.368,30
2. Lapen 25,543,50
3. Telford 8.022,50
4. Saluran semen jalan 1.178,10
5. Coor beton/rabat 3.478,14
6. Gorong-gorong/ gorong-gorong kotak 57,60
7. Tanggul/tembok penahan 246,90

Untuk Infrastruktur jembatan sendiri Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara secara bertahap membangun jembatan dengan konstruksi plat beton bertulang, jembatan gantung/rambing dan jembatan gelagar/plat baja.
Total Jembatan Kabupaten Tapanuli Utara adalah 111 Unit dengan total panjang 1.351 meter yang tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Tapanuli Utara. Terhitung sejak tahun 2014 s/d 2021 terdapat 92 Unit Jembatan baik yang dibangun/diganti maupun jembatan yang dipelihara/direhabilitasi yang pelaksanaannya melalui pihak ketiga ataupun kerja sama dengan TNI.
Untuk tahun anggaran 2022 yang sedang berjalan ini, sedang pembangunan jembatan sebanyak 8 unit dengan berlangsung yaitu:

1. Jembatan Gantung 1 Unit yaitu Jembatan Gantung Ir. Soekarno Desa Sigurunggurung Kecamatan Pahae Jae, pada kegiatan Karya Bhakti TNI tahun 2022;

2. Jembatan Plat Beton sebanyak 5 Unit yaitu,

3. Jembatan Aek Barebe Kecamatan Purbatua,
4. Jembatan Aek Dahasan Kec. Paha Julu,
5. Jembatan Aek Sitapaian Kec. Adiankoting,
6. Jembatan Aek Lobu Kec. Sipahutar,
7. Jembatan di Jalan Silando Kec. Muara
8. Jembatan Gelagar/Lantai Baja 2 Unit yaitu Jembatan Aek Singgolom Kecamatan Garoga dan Jembatan Situmeang Habinsaran Kec. Sipoholon.

Peningkatan Kapasitas Menuju Desa Mandiri Bupati Taput  100% Desa Terang Benderang

Bupati Nikson Nababan bersama General Manager PLN wilayah induk Sumut M. Irwansyah Putra menanda-tangani Nota kesepahaman antara PLN dengan Pemerintah Kabupaten Taput  tentang pembangunan Listrik Desa menuju desa berlistrik 100% dan kehandalan penyediaannya ketwnaga listrikan di Sopo Rumah Dinas Bupati Taput Nikson Nababan Jl Letjen Suprapto Tarutung.

Hadir dalam penandatanganan tersebut Bupati Taput Nikson Nababan, Wakil Bupati Mauliate Simorangkir, General Manager PT PLN Wilayah Sumatera Utara Feby Joko Priharto yang diwakili Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Sumatera Utara Rino Gumpar Hutasoit, serta jajaran pimpinan SKPD, Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Tapanuli Utara.

Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Sumatera Utara Rino Gumpar Hutasoit menyebutkan, kesepakatan kerja sama pelayanan kelistrikan itu meliputi kerja sama dalam upaya mewujudkan Tapanuli Utara menuju desa berlistrik 100% di tahun 2019. Ini sejalan dengan program mendorong kepariwisataan di kawasan Danau Toba, dengan menerangi setiap pesisir Danau Toba termasuk di sisi Tapanuli Utara.

Kerjasama ini untuk mewujudkan semua sisi pesisir Danau Toba, salah satunya Taput, baik desa maupun dusun, tidak ada lagi yang tidak teraliri listrik di tahun 2019. Itu janji kami sebelumnya kepada bupati, dan juga kepada seluruh aparat kecamatan dan desa di Tapanuli Utara. Untuk mewujudkan cita-cita itu, kita butuh sinergi dan kerja sama. Karena untuk bisa masuk sampai ke sana kami butuh akses yang disediakan pemerintah daerah,” kata Rino.

Sementara untuk daya, lanjut Rino, di Sumatera Utara saat ini sangat cukup. Tidak seperti informasi yang ada di masyarakat dan kalangan investor. Bahkan daya listrik di Sumut saat ini mampu untuk mendukung pertumbuhan 1000 industri baru.

Di kondisi puncak beban PLN mencapai 1740 Megawat (MW). Dengan kondisi itu pada siang hari PLN memiliki surplus sampai 600 MW. Sedangkan pada malam hari surplus 300 MW. “Sepuluh tahun ke depan, sampai 2027 kita juga masih akan mendapatkan tambahan 4.000 MW. Jadi kita sangat siap dari daya listrik. Cuma kita membutuhkan dukungan akses dari pemerintah daerah. Hari ini di Taput, kemudian kita akan ke Kabupaten-Kabupaten lain,” ujarnya.

“Kita semua sepakat bahwa daerah ini ramah pada investor. Dengan adanya akses, kita siap apakah nanti listrik akan didirikan di pinggir danau atau di atas gunung. Kita siap menyediakan jaringan listrik tanpa membebankan ke investor untuk perluasan jaringannya,” tambah Rino.

Selain menaikkan rasio elektrifikasi desa hingga 100 persen, penandatangan kesepahaman kerja sama ini juga menjadi misi PLN untik mendorong kegiatan ekonomi di daerah.

Semua kegiatan industri yang bisa menggerakkan ekonomi, akan disuplai. “Jadi kalau nanti ada masyarakat yang mau membuat home industri atau ada investor baru, silahkan menghubungi petugas kami. Baik itu kekurangan daya ataupun terkait kehandalan listriknya,” jelas Rino.

Rino mengaku, di sejumlah daerah kehandalan listrik PLN memang masih lemah. Penyebabnya mulai dari tiang rubuh, akses dan sebagainya. Sekitar 80 persen gangguan listrik bahkan diakibat oleh pohon.

“Jadi dengan ada MoU ini kita harap persoalan-persoalan itu bisa teratasi oleh Pemerintah Daerah. Ini penting untuk mendukung investor, khususnya investor pariwisata,” pungkas Rino.

Pihaknya juga mendorong agar pemerintah daerah menerbitkan peraturan daerah yang mengatur agar setiap bibir pantai di Danau Toba dibuat terang benderang. karena itu menarik wisatawan.

Bupati Nikson Nababan menegaskan kesiapannya untuk mendukung program PLN merealisasikan elektrifikasi desa 100 persen di Taput pada tahun 2019 mendatang. Kesiapan itu ditandai dengan telah diinstruksikan kepada seluruh jajaran Pemerintahan di Taput untuk berkoordinasi langsung dengan PLN terkait kendala-kendala kelistrikan yang selama ini terjadi.

Di sisi lain, Pemkab Taput juga sudah menyiapkan anggaran untuk membangun infrastruktur jalan akses menuju seluruh desa-desa yang sampai hari ini belum teraliri listrik. “Rasio elektrifikasi kita sekarang di Taput sekitar 70 persen. Kita harap di 2019 seluruh desa sudah teraliri listrik. Akses jalan untuk ke desa-desa yang belum teraliri listrik itu sudah kita buka. Sebagian sudah kita lakukan pengerasan, tapi memang ada yang lahannya masih labil, ke depan sampai 2022 akan kita lakukan pengaspalan,” paparnya.

Best UMKM

Ketua Dekranasda Taput Apresiasi Wine Coffee Gogo Raih Juara I Ajang W20 Indonesia 2022

Ketua Dekranasda Tapanuli Utara Satika Simamora, SE, MM mengapresiasi penuh pelaku UMKM Tapanuli Utara karena kembali menorehkan prestasi gemilang melalui Wine Coffee Gogo yang dikelola oleh Marince Nababan asal Pagaran meraih juara I pada ajang Women 20 (W20) Indonesia 2022, bertempat di Hotel Niagara Parapat , (Rabu, 20/07/2022).

Kegiatan W20 yang dilaksanakan selama 3 hari tersebut dengan berbagai rangkaian kegiatan dan salah satunya adalah perlombaan UMKM Perempuan di Forum Ekonomi Kreatif dan Pariwisata oleh Kamar Dagang Indonesia dan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif.

Sebanyak 106 UMKM kabupaten dan kota se-Sumut dengan kategori kriya, fashion dan kuliner. 20 pelaku UMKM asal Tapanuli Utara turut hadir pada kesempatan tersebut, dimana 3 diantaranya berhasil lolos sebagai finalis dan selanjutnya Wine Coffee Gogo berhasil menyabet juara I dan akan mewakili Sumut pada G20 di Bali bulan Agustus yang akan datang serta mendapatkan kesempatan memiliki showcase.

Dalam kesempatan tersebut Satika Simamora sebagai Ketua Dekranasda mengapresiasi pelaku UMKM Taput yang berhasil lolos menjadi finalis dan menjadi Juara pada ajang W20 Indonesia 2022. “Dengan prestasi yang diraih saat ini, semoga semakin banyak Mariance yang bermunculan di Tapanuli Utara dengan berbagai produk UMKM nya. Saya yakin UMKM kita akan semakin maju dan para kaum wanita semakin berperan nyata dalam mendukung perekonomian keluarga masing-masing. Saya juga berharap semoga semoga pada ajang G20 di Bali bulan Agustus mendatang, Wine Coffee Gogo mampu meraih prestasi terbaik,” tutur Satika Simamora.

Baca juga:  Wakapolda Hadiri Rakor Satgas Covid-19 Provinsi Kalimantan Barat

Marince Nababan dengan produk Wine Coffee Gogo akan menjadi perwakilan Sumatera Utara di jang G20 di Bali pada Bulan depan, yang akan bersaing bersama dengan 20 pelaku UMKM di Indonesia.

Mariance sangat bersyukur atas prestasi ini dan akan mengungkapkan semakin gigih dalam berkarya serta mengucapkan terima kasih atas dukungan dan pembinaan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara di bawah kepemimpinan Drs. Nikson Nababan, M.Si.

“Puji Tuhan, Wine Coffee Gogo meraih prestasi terbaik. Terima kasih juga kepada semua pihak yang telah mendukung Wine Coffe Gogo khususnya Bapak Bupati Nikson Nababan dan ibu Satika Simamora. Ini merupakan kemenangan bagi seluruh UMKM Tapanuli Utara. Saya yakin UMKM Taput akan semakin berjaya. ,” tutur Mariance Nababan.

Women-20 (W20) merupakan grup keterlibatan yang berkomitmen untuk memastikan bahwa gender dan pemberdayaan ekonomi perempuan merupakan bahan diskusi utama pada G20 yang diungkapkan oleh pernyataan pemimpin G20 sebagai kebijakan dan komitmen bersama.

Pertemuan ini mengundang para delegasi, pemangku kepentingan, investor, pengusaha perempuan, perusahaan, dan Organisasi Masyarakat Sipil (CSO) untuk membahas isu pemberdayaan perempuan dalam rangka bersama-sama merumuskan rekomendasi kebijakan.

W20 memiliki misi membentuk komitmen pemberantasan diskriminasi dalam memajukan inklusi ekonomi UMKM perempuan, peningkatan akses akses perempuan pedesaan dan perempuan orang-orang, serta integrasi respons kesehatan yang setara dan terintegrasi dalam deklarasi pemimpin G20.

Bimtek Pengelolaan E-Government di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara

Dalam rangka mengembangkan pelayan Pemerintahan yang semakin baik, maka pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara telah membangun aplikasi berbasis elektronik sejak tahun 2017. Kerjasama pembangunan Aplikasi E-Government ini melibatkan tim IT dari Diskominfo Tapanuli Utara dan semua OPD di Lingkungan Pemerintah Kab. Tapanuli Utara dengan pemanduan dari Tim IT Institut Teknologi Del. Berbagai aplikasi yang telah dibangun sejak 2017 telah digunakan dalam pengembangan sistem informasi perencaan pembangunan yang disebut dengan E-Planning dan di Tapanuli Utara lebih dikenal dengan nama E-Martahi (Menghimpun aspirasi rakyat terhadap nama E-Martahi) kebutuhan hidup di Tapanuli Utara).

Aplikasi E-Martahi telah digunakan saat pelaksaan musrenbang desa, musrenbang kecamatan, penyusunan Pokok Pikiran DPRD, Forum OPD, dan Musrenbang Kabupaten sehingga aplikasi ini telah menghasilkan produk Rencana Kerja OPD 2019.

Pada saat bersamaan, juga dibangun aplikasi Sistem Infromasi Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (E-Perizinan) dan di Tapanuli Utara lebih dikenal dengan nama E-Marsada (Marsada : Menuhi aturan berusaha di daerah).

Dalam tanpa Standar Satuan Harga (SSH), telah tersedia dalam satu aplikasi yang disebut dengan E-SSH sehingga semua proposal kegiatan yang ada dalam renja OPD menggunakan standar satuan harga yang sama. Dalam mendapatkan informasi keuangan yang sesuai dengan peraturan keuangan, maka telah dibangun aplikasi e-budgeting yang telah menghasilkan KUA-PPAS dan pada Desember 2018 Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara telah menerbitkan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun 2019 yang merupakan hasil integrasi antara E-Martahi, E- SSH, dan E-Budgeting.

Untuk mempublikasikan hasil pembangunan yang dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, maka telah dibangun website dan juga aplikasi E-Database yang merupakan kelanjutan dari aplikasi sebelumnya, dan dibangun secara bersama-sama antara Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dengan Tim IT Institut Teknologi Del, Laguboti untuk memudahkan para pengguna situs web dari masing-masing OPD, diundang untuk mengikuti bimbingan teknis E-Government khusunya E-Portal dan E-Database (11/07) bertempat di Balai Data, Kantor Bupati Tapanuli Utara.

Saat acara pembukaan Bimtek, Wakil Bupati Tapanuli Utara, Sarlandi Hutabarat, SH disertai Asisten Administrasi dan Umum Setdakap Drs. Satiadarma Nababan, MSi, Inspektur Kabupaten Manorasa Debata Raja, Kadis Kominfo Tapanuli Utara Ir. Polmudi Sagala, MM telah menegaskan kepada semua peserta Bimtek, Visi Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan dan lumbung sumber daya manusia berkualitas serta daerah tujuan wisata dalam 8 misi, dimana misi ke-8 adalah meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan sistem elektronik Pemerintah. Implementasi dari misi kedelapan adalah dengan dibangunnya portal Pemkab Tapanuli Utara yang merupakan alat untuk meningkatkan publikasi informasi kepada khalayak sekaligus mendekatkan informasi kepada publik. Kehadiran pemerintah dirasakan langsung oleh masyarakat dengan pelayanan yang mudah, efisien dan efektif. Disisi lain, dalam menerapkan Permendagri No.98 tentang Pemerintahan Berbasis Elektronik, maka aplikasi E-Database juga telah dipersiapkan dan akan digunakan sebagai sumber data dalam membuat perencanaan yang lebih baik.

Selanjutnya Wakil Bupati dalam arahannya, “Perkembangan Teknologi Informasi yang semakin cepat membuat interaksi antar manusia tidak lagi dibatasi ruang dan waktu sehingga mendorong terselenggaranya penyedia informasi yang partisipatif, transparan, dan akuntabel sehingga semua badan publik dapat mengakomodir dan memenuhi kebutuhan informasi yang terintegrasi dalam satu data”. situs web Pemerintah merupakan salah satu upaya dalam memenuhi amanat Undang-undang No.18 tahun 2008 tentang ketersediaan informasi publik, dengan demikian, situs web ini akan digunakan oleh masyarakat untuk dapat mengakses informasi dengan mudah ditengah kemajuan zaman yang semakin cepat. Dalam paparan awal, telah dijelaskan pengembangan aplikasi yang telah digunakan oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara. Dan saat ini yang sedang dibangun adalah Aplikasi Penatausahaan Keuangan dan Aplikasi Kinerja.

Ke depan akan dilanjutkan dengan laporan pembangunan E-Monev, e-Project , E-Procurement sebagaimana penyelengaraan yang disampaikan oleh bidang Teknik Informatika Kabupaten Tapanuli Utara. Dalam acara bimtek ini, yang menjadi narasumber adalah Tim IT Institut Teknologi Del (Anthon Tambunan, Marojahan Sigiro, Lit Malem Ginting.

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si Kembali Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif Tahun 2022.

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si melalui Peningkatan Pelayanan Kesehatannya kembali dianugerahi “Penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) Tahun 2022” yang diserahkan oleh Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bersama Komisaris Utama MNC Portal Agung Firman Sampurna, bertempat di Klenteng Sam Poo Kong Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah, Kamis (22/9/2022).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tapanuli Utara yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Drs. Indra SH Simaremare, M.Si didampingi Kepala Dinas Kesehatan Sudirman Manurung, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Jonner Nababan, Kadis Kominfo Hendrik Taruna dan Direktur RSUD Tarutung dr. Janri.

Di hadapan sebanyak 30 Kepala Daerah yang menerima penghargaan KDI tersebut, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd menyatakan bahwa penghargaan ini sebagai apresiasi kepada para Kepala Daerah yang telah melakukan inovasi di daerah masing-masing dan mengharapkan inovasi yang dikembangkan masing-masing.

“Ini sangat membanggakan kita semua dan perlu untuk dapat ditingkatkan sehingga terciptanya pemimpin daerah yang berhasil berhasil. Keberhasilan pembangunan yang telah bapak-ibu di daerah harus tetap ditingkatkan. Tugas utama kita adalah membangun daerah demi masyarakat luas, terutama bagaimana membangun desa yang kuat. Mari kita kembangkan kearifan lokal yang ada demi kemajuan daerah,” pesan Menteri sebelum Anugerah KDI.

Usai penerimaan piagam anugerah tersebut, Sekda Drs. Indra SH Simaremare, M.Si menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh MNC Portal atas kinerja Pemkab Taput yang dipimpin Bupati Drs. Nikson Nababan, M.Si.

“Bapak Bupati Tapanuli Utara menyampaikan terima kasih atas apresiasi terhadap program pembangunan yang telah dilakukan. Semoga Pemerintah bersama dengan masyarakat tetap bergandengan tangan dalam pembangunan ini agar berkelanjutan dan semoga Tapanuli Utara ke depannya semakin maju,” ucap Sekda.

“Salah satu pembangunan yang dilakukan pak Bupati adalah ‘Pelayanan Kesehatan Prima’ sehingga dinilai sebagai inovasi pada kategori kesehatan. Selain peningkatan pelayanan kesehatan di RSUD Tarutung dan Puskesmas, program Tapanuli Utara Bebas Pasung dan pembangunan Rumah Sehat Jiwa di Pangaribuan, Bupati juga melakukan refocusing anggaran dimana salah satu kegunaannya untuk membangun berbagai fasilitas baik RSUD Tarutung menjadi rujukan penanganan Covid-19 wilayah Tapanuli,” papar Sekda Simaremare pada kesempatan tersebut.

Bupati Taput Drs Nikson Nababan Delapan Kali Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI

Untuk kedelapan kalinya Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.
Hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (LHP-LKPD) Tahun anggaran 2021 yang diserahkan kepada Bupati Taput Nikson Nababan didampingi Ketua DPRD Poltak Pakpahan, Sekda Indra Simaremare oleh Kepala Badan Pemeriksa Keuangan perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Eydu Oktain Panjaitan bertempat di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara di Medan, Rabu (27/4/2021).

Kedelapan kalinya secara berturut-turut Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara berhasil memperoleh opini WTP sejak tahun 2014 sampai dengan tahun 2021 dibawah kepemimpinan Bupati Nikson Nababan.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Eydu Oktain Panjaitan, mengatakan, opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa atas LKPD Tahun Anggaran 2020 yang disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara secara tepat waktu.

Usai menerima, Bupati Taput Nikson Nababan mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran yang mampu mempertahankan prestasi dan telah bekerja keras sehingga kembali meraih opini WTP delapan kali berturut-turut. Dia berharap,  kedepan tetap fokus untuk melakukan perbaikan-perbaikan untuk lebih baik.

“Terima kasih juga kepada tim BPK yang telah melakukan audit selama 25 hari di Kabupaten Tapanuli Utara, semoga ini menjadi cambuk bagi kami untuk semakin meningkatkan kinerja untuk tahun-tahun yang akan dating, sehingga temuan pemeriksaan di lapangan dapat diminimalisir,” ujar Nikson.

Sigap dalam Penuntasan Bencana

Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan, memimpin rapat Forkopimda tentang tindak lanjut tanggap bencana,  bertempat di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Kamis (6/10/2022) sore.

Hadir dalam rapat tersebut di antaranya, Sekretaris Daerah Taput Indra Simare-mare, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Taput dan sejumlah pimpinan OPD lainnya.
Bupati  menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Taput dalam menetapkan kesepakatan Forkopimda terkait penyaluran donasi Tapanuli Utara Margogo agar dapat sampai ke masyarakat yang terdampak gempa pada Sabtu 1 Oktober 2022.

Gempa bumi yang telah terjadi mengakibatkan banyak kerusakan pada bangunan-bangunan fisik seperti rumah penduduk, tempat ibadah, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, kantor pemerintah dan juga kantor swasta serta sarana-prasarana lainnya.

Selain itu, rapat juga memutuskan bahwa Tanggap Darurat Bencana Alam Gempa Bumi diperpanjang selama 7 hari kedepan (tanggal 8 Oktober 2022 sampai dengan tanggal 14 Oktober 2022). Penyaluran bantuan uang hasil donasi pihak ketiga kepada masyarakat yang mengalami kerusakan rumah dengan kategori rusak berat, sedang dan ringan menggunakan formula 5 : 2 : 1, (kecuali pemilik 3 unit rumah yang telah diperbaiki di Desa Hutatinggi Kecamatan Parmonangan, atas nama Bona Simamora, Andri Simanjuntak dan Pantun Simamora).

Penyaluran bantuan bahan material bangunan rumah penduduk dan rumah ibadah menggunakan formula 5:2:1 (kecuali gedung milik pemerintah dan swasta), Bantuan dari BNPB sebesar Rp. 250.000.000,- yang telah ditransfer dan akan diberikan kepada TNI/Polri sebagai anggaran operasional.

Agar bantuan bahan bangunan yang telah tersedia di gudang segera disalurkan. Bantuan sembako yang belum disalurkan berupa beras sebanyak 1.975 kg, gula sebanyak 353 kg, minyak goreng sebanyak 1.085 liter menjadi stok di Posko Penanganan Darurat Bencana Alam Gempa Bumi Kabupaten Tapanuli Utara.
Jumlah donasi dari pihak ketiga di rekening Tapanuli Utara Margogo per tanggal 6 Oktober 2022 pukul 16.14.47 WIB sebesar Rp. 579.451.674, dan telah digunakan sebesar Rp. 150.000.000, Sehingga saldo akhir sebesar Rp 429,451,674,-, perbaikan kerusakan RSUD Tarutung agar segera dilaksanakan dengan menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) Tahun Anggaran 2022.

Adapun Jumlah fasilitas yang terdampak per tanggal 6 Oktober 2022 antara lain : rumah penduduk  yang rusak ringan 1308 unit, rusak sedang 468 unit, rusak berat 352 unit. Tempat ibadah yang rusak ringan 21 unit, rusak sedang 4 unit, dan rusak berat 22 unit, fasilitas pendidikan rusak ringan 15 unit, rusak sedang 2 unit, dan rusak berat 22 unit. Fasilitas kesehatan rusak ringan 14 unit, dan kantor pemerintahan rusak ringan sebanyak 7 unit dan rusak berat 4 unit.

Bupati menyampaikan dalam penanganan bencana di daerah, semua leading sector harus berperan aktif turut bekerja dan bertanggungjawab dibawah koordinasi BPBD Kabupaten Tapanuli Utara.  Untuk diketahui bahwa donasi Tapanuli Utara Margogo masih dibuka dan dibutuhkan uluran kasih dari semua pihak. Semua bantuan akan dilaporkan secara transparan dan berkala serta pemanfaatan juga akan tepat guna dan tepat sasaran.

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan meminta proses belajar mengajar seluruh sekolah di Kabupaten Tapanuli Utara dilanjutkan berjalan seperti biasanya.

“Proses belajar mengajar lanjut. Kecuali sekolahnya rusak, jangan ditempati,” kata Bupati Taput, Minggu (2/10/2022).

Menurutnya, sekolah sudah dapat dibuka kembali Senin (3/10/2022) dan menjalan aktivis sebagaimana biasa. Hanya saja ia mengingat agar sekolah yang bangunannya rusak jangan ditempati, tapi dicarikan solusi agar proses belajar mengajar dapat dilangsungkan dengan baik.
Sebagaimana diketahui, pasca gempa berkekuatan magnitudo 6,0 mengguncang Tapanuli Utara, Senin (1/10/2022) dini hari.

Proses belajar mengajar sekolah-sekolah di daerah itu pada hari tersebut terganggu. Nyaris seluruh sekolah tidak buka karena pelajar dan guru trauma gempa sehingga tidak masuk sekolah.

Selanjutanya Nikson juga meminta kepada seluruh masyarakat Tapanuli Utara untuk dapat kembali ke rumah dan menjalankan ekonominya secara normal. “Optimisme masyarakat harus dibangun. Perputaran ekonomi harus jalan,” ujarnya.

Ia menerangkan bahwa hasil komunikasi yang dilakukan dengan BMKG diketahui hingga Minggu siang hanya terjadi dua kali goncangan. “Memang tidak ada yang dapat menjamin bahwa goncangan tidak terjadi lagi, tapi setidaknya situasi saat ini sudah lebih membaik,” sebutnya.
Karenanya ia mengimbau masyarakat sudah dapat kembali tidur di rumah, jangan lagi tidur di luar. “Apabila ada masyarakat yang rumahnya rusak dan tidak layak lagi ditempati, maka lebih baik menumpang sementara di rumah tetangga” sebutnya.

Penulis Apresiasi Kinerja Bupati Nikson Nababan dengan sastra puisi:

Karya Nyata Kinerja Bupati Taput Drs. Nikson Nababan, M.Si. meretas Dalam Pembangunan Tak Luput dari tantangan alam tapi tetap berkualitas,

Pembangunan Berkelanjutan Masyarakat

Di segala bidang terus  merenda kasih
Drs. Nikson Nababan, M.Si. miliki tekat
melayani fokus, serius, asah, asuh & asih
Kita trus doa usaha iman dan tahan uji
Meskipun gempa melanda Taput berjaya
Berkolaborasi satukan hati hanya Tuhan dipuji.

Tapanuli Utara dibangun bersama pasti jaya,

Taput berbasis lumbung pangan yang tinggi, juga lumbung SDM yang berkualitas,

Tingkatkan kualitas Pendidikan Kesehatan lagi
Segala tantangan dan Masalah pasti tuntas.

Karya Nyata Kinerja Bupati Taput
Drs. Nikson Nababan, M.Si. 1 Windu
Menuju Elektabilitas Smart City Wisata
Tantantangan gempa masih belum luput
kedamaian, sejahtera dirindu.

Drs. Nikson Nababan, M.Si. bersama rakyat
Menuju masa indah akan damai sejahtera
Tingkatkan  ke wirausahaan hati tak tersayat
Bupati dan masyarakat sehat makan pun selera.

Buah Tarutung/Durian rasanya enak legit,
Semua insan di khatulistiwa suka dan kepingin,
Semoga Tuhan memberkati Taput Bonapasogit,
Tahan cuaca panas, kuat saat cuaca dingin.

BOBLUIS

Media: Goosela.com.

Komentar