oleh

Semprot Disinfektan Kandang Sapi untuk Pencegahan Penyebaran PMK

Sragen, Goosela.com – Serda Rivo Prasetyo Babinsa Wonotolo Koramil 15/Gemolong Kodim 0725/Sragen bersama Pemdes Wonotolo bersinergi dengan Muspika Gondang melaksanakan giat Bakti TNI dengan sasaran melaksanakan penyemprotan cairan Bakteria Enzim Fermentasi ke kandang dan hewan ternak sapi warga. Giat penyemprotan tersebut dilakukan dalam rangka penanggulangan dan pencegahan penyebaran wabah virus Penyakit Mulut Kaki (PMK) pada hewan ternak sapi warga di Dk. Ceme Rt.02 Ds. Wonotolo Kec. Gondang Kab. Sragen, Rabu (22/6/2022).

Baca juga:  Pantau Perkembangan Situasi, Danrem 071/Wijayakusuma Meninjau Posko PPKM Kraton Tegal

Selain penyemprotan disinfektan, pemberian vitamin lebih intensif lagi juga dilakukan pengasapan pada area kandang sapi dengan cara membakar jerami yang dimasukkan dalam tong dan ditempatkan di pinggir pinggir kandang dengan tujuan selain mengusir serangga juga mencegah adanya virus.

Sementara itu, salah satu peternak sapi di Narno (46) mengaku, hingga saat ini ternak sapi miliknya tidak terjangkit PMK. Meski demikian pihaknya akan mengikuti anjuran dari pemerintah. Dengan tujuan agar sapi- sapi miliknya terhindar dari penyakit yang mematikan tersebut.

Baca juga:  Bermandikan Peluh, Melawan Panas dan Hujan, Satgas Tetap Semangat Kerjakan Program TMMD Langkat

“Alhamdullilaah sampai saat ini sapi- sapi saya dalam kondisi sehat, tak ada yang kena PMK. Tapi meskipun begitu saya juga khawatir makanya saya terus memperhatikan himbauan dari pemerintah, tujuannya agar Sapi-sapi peliharaan saya terhindar dari PMI itu,” ucap Narno. (Agus Kemplu)

(G/Ad)

Komentar