oleh

Mengalami Rambut Rontok? Ini Dia Cara Mengatasinya

-Health-383 views

Medan – Pada umumnya, setiap hari normalnya akan ada sekitar 50 – 100 helai rambut yang akan rontok dari kepala. Hal ini dikarenakan rambut baru akan tumbuh dan akan menggantikan rambut yang rontok.  Akan tetapi, jika rambut yang rontok melebihi 100 helai setiap harinya maka situasi tersebut dianggap tidaklah normal. Terlebih jika regenerasi pertumbuhan rambut terganggu atau terhenti. Tentunya hal ini akan mengganggu kepercayaan diri.

Dalam dunia medis, seseorang yang mengalami rambut rontok lebih dari100 helai per harinya disebut dengan telogen effluvium. Kondisi ini akan menyebabkan kebotakan pada seluruh area kepala dan bukan di satu area saja. Hal ini dapat terjadi pada pria atau wanita dari segala usia. Ini terjadi setelah oleh tubuh yang mengalami stress.

Baca juga: Sering Mengalami Asam Lambung? Kenali Penyebabnya

Ada beberapa faktor yang menyebakan terjadinya rambut rontok, diantaranya:

Baca juga:  Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh
  1. Stress yang berlebihan
  2. Perubahan hormonal seperti yang terjadi pada ibu hamil
  3. Faktor keturunan
  4. Pola makan yang tidak sehat
  5. Efek samping obat-obatan
  6. Kekurangan zat besi
  7. Menjani pengobatan tertentu seperti kemoterapi atau terapi radiasi
  8. Menggunakan produk perawatan rambut yang tidak sesuai
  9. Anemia
  10. Baru sembuh dari penyakit tertentu
Baca juga:  Pengobatan ARV–Obat HIV/AIDS

Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasinya tidak memerlukan pengobatan khusus jika telah mengetahui apa yang menjadi sumber penyebabnya. Dalam kasus lain mungkin akan membutuhkan perawatan yang khusus supaya masalah ini tidak terjadi lagi melalui konsultasi dengan dokter kulit. Dokter kemudian akan menjelaskan apa saja yang perlu dilakukan, memberi obat-obatan atau melakukan tindakan medis yang perlu.

Baca juga:  Manfaat Daun Binahong Yang Baik Bagi Tubuh

Pencegahan yang dapat dilakukan supaya tidak semakin parah dapat melakukan beberapa tindakan seperti mengurangi intensitas penggunaan alat pemanas seperti mentacok rambut, mengeriting rambut atau mewarnai rambut. Selain itu hindari menyisir rambut dalam keadaan basah, dan menghindari mengepang atau mengikat rambut. Kemudian pastikan untuk menggunakan produk perawatan rambut yang aman dan melindungi rambut dari paparan sinar matahari langsung. Semoga bermanfaat! (Sumber referensi alodokter.com).

(Goo/Kristov)

Komentar

News Feed