oleh

Kenapa Kangkung Ilegal di Amerika?

Kenapa Kangkung Ilegal di Amerika? Kita warga Indonesia, dan negara-negara di Asia, Tentunya mengenal salah satu jenis sayuran bernama Kangkung.

Sayuran bernama latin Ipomoea aquatica berciri khas memiliki batang yang panjang berongga.

Kangkung Biasanya disajikan sebagai lauk, dimasak bersama irisan bawang putih, air, sedikit garam, dan sedikit perasa umami dari MSG.

Berita Tentang kangkung ilegal di Amerika Serikat Hari Ini ...

 

Di Asia Tenggara sendiri, kangkung juga bisa diolah dengan ditambah cabai, terasi, serta dibumbui dengan kecap.  Harganya pun ekonomis pastinya cocok jadi sajian di meja makan.

Baca juga:  Pangdam I/BB: Rekrutmen Calon Taruna Akmil, No Embel-Embel, Transparan dan Gratis

Tapi tahukah kalian kangkung merupakan tanaman ilegal di Amerika sana? Pastinya kalian bertanya-tanya, ” WAH, KOK BISA PADAHAL KAN CUMAN KANGKUNG. EMANG BAHAYA, YAH?”

Berdasarkan sebuah penelitian, ditemukan bahwa benih, bunga dan daun tanaman kangkung mengandung suatu senyawa yang disebut alkaloid ergoline.

Senyawa ini selama berabad-abad telah digunakan banyak kebudayaan penduduk Mexico sebagai sebuah entheogen (sebutan senyawa psychoactive yang digunakan dalam kegiatan keagamaan atau spiritual) dan diklasifikasikan sebagai hallucinogens.

Benih dari kangkung kabarnya mampu menghasilkan efek yang sama kuatnya dengan LSD (lysergic acid diethylamide) ketika diambil dalam jumlah yang besar.

Baca juga:  Plt. Kabag Sumda Polrestabes Medan Cek Vaksin Pertama di PRSU Medan Helvetia

LSD sendiri di banyak negara, termasuk Indonesia, dikategorikan sebagai zat psikotropika dan dilarang peredarannya. Tampaknya pemerintah Amerika yang menyadari bahaya penyalahgunaan tanaman kangkung tersebut memilih untuk melakukan tindakan pencegahan terlebih dahulu.

Selain itu, kangkung juga dianggap sebagai tanaman gulma yang bisa merusak habitatnya.

Pernyataannya : “Apakah kangkung masih layak dikonsumsi?”

Jawabnya : ” YA!” Asal dikonsumsi secara tidak berlebihan. Tak selalu buruk.

Baca juga:  Kanit Intel Polsek Medan Helvetia Menyambangi Rutan Kelas 1 Medan

kangkung memiliki kandungan nutrisi dan serat yang baik bagi tubuh. Misalnya kandung vitamin A pada kangkung mampu melindungi kesehatan mata. Kandungan seratnya yang baik mampu mencegah risiko diabetes.

Sayur kangkung yang sudah dibuat sebaiknya segera dikonsumsi. Jika sudah melebihi 6 jam setelah dimasak, sebaiknya tak dimakan. Bahkan dihangatkan kembali pun tidak disarankan. karena malah bisa menjadi racun bila itu dilakukan. Dengan pengolahan yang benar, kangkung pun bisa tetap aman dikonsumsi.

 

Sumber : Fodka (Forum Edukasi)

(GOOSELA/JOSUA)

Komentar

News Feed