oleh

7 Cara Mengatasi Demam Panggung atau Gugup Nervous yang Wajib Kamu Ketahui!

Goosela.com – Demam panggung atau gugup nervous bisa terjadi pada siapa saja, bukan hanya mereka yang jarang tampil, tapi Host propesional, Penyanyi terkenal bahkan Pembicara propesional sekalipun dapat mengalami deman panggung atau gugup nervous.

Apalagi dengan mereka yang jarang tampil, atau perdana tampil di depan umum tentunya rasa gugup yang dialami adalah hal yang normal. Perasaan gugup sebuah respons alami terhadap suatu peristiwa ataupun kegiatan yang baru atau situasi yang berada di luar zona nyaman seseorang. Perasaan ini bersifat normal dan sementara tentunya akan hilang setelah stres berlalu.

Baca juga: Membangun Chat Yang Nyaman Saat Pertama Kenalan di Sosmed, Jomblo Wajib Tau!!!

Demam panggung masalah yang bisa diatasi. Gejala gugup pada tiap orang dapat berbeda-beda, seperti berkeringat, mulut terasa kering, gemetar, sakit perut, kesulitan berkonsentrasi, gagap, detak jantung menjadi cepat, pusing, menggigit kuku, dan masil banyak lagi.

Berikut beberapa cara mengatasi demam panggung atau gugup nervous yang wajib kamu ketahui:

1. Mempersiapkan Diri Sebelum Tampil.

Baca juga:  Dandim 0808/Blitar Mendampingi Danrem 081/DSJ dan Asops Kodam V/Brawijaya Cek Protokol Kesehatan di Blitar

Penting untuk di ketahui persiapan diri sebelum tampil sangatlah penting. “Kamu harus belajar menguasai materi atau topik yang ingin kamu bawakan atau sampaikan”.

Kamu bisa latihan berbicara di kamar atau tempat sepi, jika kamu sudah percaya diri kamu boleh mencoba tampil di depan kaca atau didepan teman-temanmu.

Dengan persiapan yang matang, kamu pasti bisa tampil percaya diri tanpa rasa gugup.

2. Berolahraga atau Bermeditasi.

Melakukan olahraga adalah salah satu kunci menghilangkan rasa gugup, olahraga penting untuk menjaga kesehatan mental. Selain dapat menghilangkan rasa gugup, berolahraga juga dapat memacu Hormon Endorfin yang merupakan zat yang ada dalam otak yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit alami.

Selain berolahraga anda juga bisa melakukan meditasi, kegiatan meditasi dapat menghilangkan stres akibat tekanan yang kamu alami.

3. Hindari Mengonsumsi Obat-obatan.

Baca juga:  Polres Rokan Hilir Kembali Lakukan Vaksinasi

Mengomsumsi obat-obatan seperti kafein di percaya dapat menghilangkan rasa gugup, tapi faktanya mengomsumsi kafein dapat membuat tubuh kamu lebih gugup dan timbulnya perasaan gelisah, hal ini karena kandungan dalam kafein bisa membuat tekanan darah naik sewaktu-waktu.

4. Percaya Diri dan nikmati saja.

Miliki rasa percaya diri, kamu harus percaya bahwa kamu pasti bisa. Hindari rasa pesimis dan takut gagal. Kamu bisa meningkatkan rasa percaya dirimu dengan pokus pada tujuanmu kedepannya. Miliki rasa percaya yang kuat kalau kamu pasti bisa menggapai tujuanmu tadi.

Buat alasan, bahwasanya di balik usahamu tadi, ada orang yang ingin kamu buat kagum, sehingga kamu akan lebih bersemangat untuk menggapainnya. Nikmati momennya lupakan hal-hal yang mengganggu mu.

5. Sebelum Tampil, Coba lakukan Pedikit Pergerakan.

Saat kamu ingin tampil, namun tiba-tiba perasaan gugup itu muncul, cobalah lakukan sedikit pergerakan yang bisa membuat mu lebih tenang, seperti melompat atau peregangan yang dapat menghilangkan rasa grogimu.

Baca juga:  POS KOUT SATGAS PAMTAS YONIF 312/KH HADIRI PERESMIAN GEREJA PANTEKOSTA MARANATHA WORKWANA DI PERBATASAN

6. Tetaplah Fokus.

Ketika kamu merasa gugup saat berbicara di depan umum, cobalah menganggap orang-orang yang menontonmu tidak ada, seperti berbicara layaknya seorang diri. Jika menatap mata mereka membuatmu blank dan hilang fokus, maka sebaiknya hindari menatap mata audience. Tetap fokus ke depan dan pikirkan tujuanmu sehingga kamu nyaman dan asik dengan apa yang kamu pikirkan.

Baca juga: Peran Penting Mental dalam Meningkatkan Sistem Imunitas dan Antibodi Tubuh

7. Berdoa.

Berdoa adalah cara terbaik untuk kamu mengatasi rasa takut dan cemas. Biasakan berdoa sebelum melakukan kegiatan apapun. Berdoalah pada Tuhan, saat berpresentasi niscaya kamu akan diberi kemampuan untuk mendapatkan ketenangan dan berani maju tampil, sehingga presentasimu/penampilanmu berakhir dengan sukses. “Berdoa adalah kunci utama dari semua cara-cara diatas”.

Semoga cara-cara diatas dapat membantu kamu yah, selamat mencoba dan sukses

(GOOSELA/JP)

 

Komentar

News Feed